"MENULISLAH YANG IKHLAS, AGAR ILMUMU TERWARIS, AGAR MATIMU TAK MEMBAWA TANGIS, AGAR MASA DEPANMU TAK MIRIS, KARENA KISAH HIDUPMU SUDAH BERJALAN MANIS" ~FROM KUPER TO SUPER~

Minggu, 28 September 2014

HUTANKU SAYANG, HUTANKU MALANG

Hijaunya negriku sumber google

Negri yang dirindukan oleh bangsa Indonesia terkenal dengan gemah ripah loh jinawi, subur, makmur, kerta raharja. Hutan dan seisinya menjadi kekayaan tersendiri bagi bangsa ini. Namun kini, akibat segelintir oknum yang ingin membuncitkan perutnya, merusak ekosistem yang ada. Hutanku dulu yang hijau kini berubah warna bagaikan lautan api.

Malangnya Hutanku sumber google


    Saat ini negara kita memasuki musim kemarau yang panjang. Selain sumber air seperti sumur dan sungai mulai kekeringan, kebakaran juga terjadi. Tak jauh dari rumah penulis, juga ada kebakaran dirumah penduduk, akibat dari membakar sampah. Tak disangkanya kalau angin yang kencang akan menyebabkan apa yang dibakarnya bisa merembet kemana-mana.

    Salah satu sahabat odojers yang berada di Palembang, mengabarkan bahwa saat ini disana, kabut asap tebal terjadi karena kebakaran di hutan. Yang terjadi karena adanya oknum yang sengaja membakar lahan untuk industri. Setelah perjalanan menuju ke tempat pamannya, yang melewati kabut asap, kondisinya drop, flu dan demam. Dia seorang guru, melalui whatsapp bercerita, tentang murid-muridnya banyak yang sakit batuk, flu, sesak nafas, mata, dan lainnya.

    Wahai pembakar hutan, tak kau bayangkan bagaimana bila ini dialami oleh keluargamu. Dimana hati nuranimu? Ataukah kau pikir paling hanya sakit batuk atau flu? Astagfirullah. Akibat kesengajaanmu ini, banyak orang yang terdholimi. Bagaimana bila semua mendoakan keburukan untukmu?. Semoga ini tidak terjadi, tanpa didoakan untuk keburukanpun, akan engkau terima akibatnya entah dalam waktu dekat ataupun lama.

    Bumi dimana tempat hidupmu didunia, telah kau rusak sendiri. Disitulah banyak sumber kehidupan ada untuk semua mahluk ciptaannya? Bagaimana nasib binatang yang ada hidup disana? Hanya demi mementingkan kepentinganmu sendiri, nafsu serakah hingga kau abaikan keselamatan beribu jiwa lainnya.

    Ingatlah, nasehat dari orang bijak, apa yang kau tanam itulah yang kau tuai. Allah SWT telah mengingatkan dalam Al Qur’an bahwa setiap perbuatan yang kita lakukan akan mendapat balasan dari-Nya, sebagaimana firman-Nya “Barang siapa yang mengerjakan kebaikan sebesar dzarahpun, niscaya dia akan melihat (balasan)nya. Dan barang siapa mengerjakan kejahatan sebesar  dzarahpun, niscaya dia akan melihat (balasan)nya juga“ (QS. Al Zalzalah : 7-8 )
   
    Doa dari kami untuk sahabat Dhira, dan semua wilayah yang terkena dampak kebakaran hutan, semoga Allah berikan kesehatan, keselamatan, yang sedang sakit diberikan kesembuhan. Serta bersabar dengan ujian yang ada.


Salam Odoj,
29 September 2014

0 komentar:

Posting Komentar