"MENULISLAH YANG IKHLAS, AGAR ILMUMU TERWARIS, AGAR MATIMU TAK MEMBAWA TANGIS, AGAR MASA DEPANMU TAK MIRIS, KARENA KISAH HIDUPMU SUDAH BERJALAN MANIS" ~FROM KUPER TO SUPER~

Selasa, 07 April 2015

TIPS BANGUN MALAM

Google


Bangun malam, Tahajud? Duh ... berat banget padahal alarm bunyinya sudah memekakkan telinga.
Ah ... masih jam 02.00. Masih lama waktu. Bisa sih bangun, tapi untuk matikan alarm dan lanjut tiduuuur lagi. Alhasil... kaget begitu bangun, tahu-tahu sudah berkumandang adzan subuh.nyeseeel deh

Alhamdulillah dapat tips dari seorang teman,yang sudah terbiasa melakukannya.Berikut tipsnya

1. Kencengin Niat untuk shalat Qiyamul lail.
   Bayangan-bayangan ayat Allah tentang keutamaan Tahajud bisa jadi motivasi yang kuat.

2. Jangan makan terlalu kenyang.
  

3. Tidur janganlah terlalu larut malam maximal jam 22.00

4. Biasakan dulu sebelum tidur dalam keadaan wudhu, baca surat-surat (An Nas, Al Ikhlas, Al Falaq, ayat kursi) serta mohon juga agar Allah bangunkan disepertiga malam.

5. Sebelum tidur nyalakan alarm. Minimal 2 alarm, bisa dari jam weker maupun dari hape. Setting alarm hp berbunyi 10 menit sekali. Dan jangan matikan alarm sebelum benar-benar bangun.

Nah kalau sudah bangun, sekuat tenaga mata ajak untuk melek, caranya langsung ambil air wudhu, bila masih banyak waktu bisa mandi dahulu agar segar. Sekuat iman lawan Syetan yang ngerayu untuk tidur lagi.

6. Punya dorongan untuk membangunkan teman lain yang belum bangun (yakin bikin tambah melek)


Tips penting lain!!!, untuk kaum hawa walaupun dalam keadaan tidak boleh sholat (baca:haid) untuk menjaga habits yang sudah terbentuk, tetaplah bangun misal untuk dengarkan murotal, murojaah atau kegiatan lain yang manfaat.

Makasih mbak Fara, tipsnya sangat bermanfaat.

Bila kamu ada tips yang lain, boleh berbagi juga di blog ini.




Selasa, 7 April 2015

0 komentar:

Posting Komentar