"MENULISLAH YANG IKHLAS, AGAR ILMUMU TERWARIS, AGAR MATIMU TAK MEMBAWA TANGIS, AGAR MASA DEPANMU TAK MIRIS, KARENA KISAH HIDUPMU SUDAH BERJALAN MANIS" ~FROM KUPER TO SUPER~

Minggu, 29 Maret 2015

KARTU KUNING, HARUS ITU

google


Kartu kuning? apa itu? . Bagi mereka yang akan pergi umroh atau haji, harus melampirkan kartu ini, sebagai salah satu syarat untuk mendapatkan visa dari kedutaan Arab Saudi. Kartu kuning sebagai bukti calon jamaah telah divaksinasi meningitis, flu atau mers. Sebagai imun untuk kekebalan jamaah saat berada di Saudi Arabia. Dan menjadi syarat pokok dalam pemberian visa haji atau umrah. Pilihan vaksinasi terserah jamaahnya.

Tak semua jamaah mengurus sendiri kartu kuning, bila ikut yayasan biasanya akan dikoordinasi di tempatnya dengan memanggil dokter. Karena bila mengurus sendiri harus antri serta terkadang jarak yang jauh bagi jamaah, karena penyuntikan vaksin ini dilaksanakan di KKP (Kantor Kesehatan Pelabuhan). Setiap propinsi sudah ada KKP masing-masing, dapat dicari di google.


Pengalaman pertama juga untuk saya kemarin, antar teman harus mengantri di KKP. Satu hari sebelumnya, tanya teman-teman yang telah melakukan serta googling. Agar informasi yang didapat lengkap jadi tak bolak-balik.
Untuk Alamat KKP wilayah DKI Jakarta


1. Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas I Jakarta Area Perkantoran Bandara Soekarno Hatta Telp
    021.5506068
2. Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas I Tanjung Priok, Jl Raya Pelabuhan No.17 Tg.Priuk Telp. 021. 43931045
3. KKP Bandara Halim Perdana Kusuma Telp. 021. 8000166


Persyaratannya dengan membawa : fotocopy paspor & Foto Ukuran 4X6 1 lbr (berwarna).
KKP yang kami datangi yang beralamat di Bandara Soeta karena lebih dekat dibanding yang lain. Jam 05.45 sudah start dari rumah karena info teman dan telpon ke KKP juga disarankan untuk datang pagi. Karena baru pertama kalinya, lumayan tanya petugas dan muter-muter jalannya hehehe


Jam 06.40 sudah tiba lokasi dan sudah banyak juga yang antri. Sebelum divaksinasi mengisi formulir dilengkapi dengan persyaratan diatas untuk selanjutnya menunggu panggilan. Kantor buka sekitar pukul 07.30 dan tutup pukul 15.00.


Dan setelah loket dibuka, antrian dipanggil serta diberikan nomer urut.  Untung datang pagi jadi antrian masih nomer 11. Tiap 10 orang dipanggil oleh petugas, masuk ke ruang yang telah ditentukan. Diberikan info serta penjelasan tentang vaksinasi ini oleh dokter. Selanjutnya pendaftar dipersilahkan untuk menentukan pilihan vaksin apa saja yang dipilih. Vaksin Meningitis untuk mencegah penularan meningitis meningokokus (radang otak) antar jamaah. Setelah menentukan pilihan akan diberikan berkas formulir yang kita kumpulkan, serta kertas, berapa kita harus bayar berdasarkan pilihan vaksin yang kita mau. Untuk meningitis saja membayar Rp. 305.000,- bila ditambah Meningitis + flu Rp. 475.000,- bila ditambah mers ....(lupa saya sekitar lima ratus lebih).




Lanjut ke kasir untuk membayar dan menyerahkan berkas formulir. Setelah itu baru dipanggil kembali per 5 orang untuk disuntik vaksin, diruang lain (tetap antri sesuai nomer urut kita). Suntik Meningitis di lengan kiri, Flu lengan kanan. Tak lama nama kita dipanggil, proses pembuatan kartu kuning, sudah finish.
Cepat prosesnya, jam 09.00 sudah selesai. Mudah dan tidak ribet prosesnya. Hanya antri saja, bila tidak ingin lama dalam antrian tipsnya datang saja dipagi hari.












1 komentar: